Sunday, August 9, 2009

Depperin Rampingkan Jumlah Pegawai

Terapkan reformasi birokrasi, Departemen Perindustrian berencana untuk merampingkan jumlah pegawainya menjadi sekitar 900 orang dari jumlah yang ada sekarang sekitar 2.000 orang.

Hal ini disampaikan oleh Sekjen Departemen Perindustrian Agus Tjahayana ketika ditemui di kantor Departeme Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (8/8/2009).

"Dalam usaha reformasi birokrasi di Depperin kita targetkan jumlah pegawai jadi 900 orang untuk kurangi biaya pemerintah. Sekarang sekitar 2.000-an. Jadi pengurangan ini kompensasinya kenaikan gaji, karena itu pegawai harus lebih bagus," katanya.

Untuk mendapatkan pegawai yang berkualitas, Agus mengatakan Depperin menerapkan perekrutan calon pegawai secara online guna mencegah adanya faktor KKN dalam perekrutan dan juga seleksi pegawai.

"Tujuan online ini untuk menjaring lebih banyak WNI yang potensial di seluruh Indonesia dan di luar negeri secara transparan dan akuntabel yang ingin bertarung di Depperin. Sistem penjaringan online dapat hemat biaya penyelenggaran rekrutmen CPNS secara signifikan. Penghematan biaya ini secara nasional baik dari internal departemen maupun secara individual," tuturnya.

Dikatakan Agus, Depperin saat ini sedang berbenah diri dalam membentuk pegawai-pegawai yang berkualitas.

"Memperoleh CPNS yang unggul dan kemampuan di bidang teknologi informasi serta mampu berbahasa asing yang baik karena ujian diberikan dalam dua bahasa. Kali ini untuk bersaing dengan Depperin negara lain. Pendaftaran CPNS lewat KKN bisa kita patahkan. Yang mengundurkan diri bayar Rp10 juta supaya dia tidak main-main karena kita keluarkan biaya yang cukup besar," tutupnya.

Detikdotcom

No comments:

Post a Comment

Post a Comment